Template by:
Free Blog Templates

Custom Search


Marquee Text Generator at TextSpace.net IP

Bacaan Anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pencurian Dunia Maya Sudah Capai Titik Kronis


LONDON - Nomor kartu kredit serta data finansial bank seseorang menjadi anugerah tersendiri untuk pencuri melek teknologi. Data pribadi tersebut menjadi 'lahan pencarian' untuk pencuri dengan keuntungan yang didapat sekira 3,35 miliar poundsterling pada tahun lalu.

Angka fantastis tersebut didapat dari hasil penelitian Symantec yang dianggap bisa menggambarkan skala pencurian selama setahun penuh pada perekonomian bawah tanah di dunia maya. Selain itu, sektor perekonomian di dunia sangat 'menggemari' nomor kartu kredit sehingga diperjualbelikan antarhacker.



Dilaporkan, data kartu kredit mendapat 'pangsa pasar' sebesar 31 persen dibanding penawaran yang lain, sedangkan data rekening bank digemari sebanyak 20 persen. Biasanya penawaran itu dilakukan dari mulut ke mulut di kalangan hacker.

Angka sebesar 3,35 miliar poundsterling tersebut diakui Symantec didapat dari hasil perkalian antara jumlah rata-rata dari hasil pencurian yang berhasil dilakukan dengan memberdayakan kartu kredit curian dengan nilai keuntungan dari hasil penjualan nomor kartu kredit sebesar 234 poundsterling. Masih menurut Symantec, angka 'penjualan' nomor kartu kredit itu memiliki kemungkinan bisa lebih besar lagi, sekira USD1,7 miliar, bila pencuri mampu menyusup database bank dan mencuri banyak data rekening nasabah.

Namun angka perkiraan itu bisa saja salah karena rencana jahat tersebut bisa saja digagalkan oleh pembatalan jual beli nomor atau rekening yang bersangkutan sudah ditutup.

"Angka kriminalitas tersebut mengindikasikan bahwa betapa besarnya nilai perekonomian ilegal tersebut, berikut potensinya terhadap pasar," terang juru bicara Symantec, seperti dilansir dari BBC, Selasa (25/11/2008).

"Penelitian yang kami lakukan juga membuktikan bahwa nomor kartu kredit sangat populer di kalangan pencuri karena mudah didapatkan dan mudah digunakan untuk kepentingan modus mereka," tambahnya



8 komentar:

Pauls mengatakan...

Dilematis bukan...?, sama halnya dengan tidak kriminal lainnya, disaat aparat gencar melakukan hal baru justru pesaingnya yang lebih unggul.(Penjahat.red),soo Kita sebenarnya tidak perlu khawatir dengan berbagai informasi seperti itu hanya saja tidak boleh ketinggalan biar tidak jadi korban,dan juga jangan jadi pelaku.
singkatnya hanya perlu "WASPADA dan MAWAS DIRI" betul ga kawan?]
heheheh salam kenal

Indra Putu Achyar mengatakan...

KUNJUNGAN BALIK NIIIIEEEEE.....

Budi mengatakan...

Wah Ternyta di dunia maya aja banyak pencuri nya, gimana kalo di dunia luna ya...?

yulia mengatakan...

wahh serem juga yach, mulai skrng qta mesti waspada nie..

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel hukum-kriminal terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Omadi Jaya mengatakan...

Wah KenaPa HacKer SlaLu di sLahin..??? Padahal Hacker SeLalu MemBeri tahu Kelemahan-kelemahan yang ada..!!!
Tapi KenaPa Cracker malaH gak di salahkan..!!!

Tapi Serem Juga Ya.!!!

harex mengatakan...

waduw222222
besar banget....
ati222 aja deh

ACE MAXS mengatakan...

ternyata ada saja orang yang mempunyai ide maling dalam dunia maya



thank's

COMUNITY